Friday, 10 July 2015

DAMPAK YANG DITIMBULKAN AKIBAT KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA
Laporan ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah wawancara
Dosen Pengampu: Ibu Novia Sinta.R.




  
Disusun Oleh:     
Feri Handoko                                      (14081038)
Septian Hardiansah                             (14081064)
Budi Suryandaru                                 (14081070)
Musthafa Helmy Zulkarnain               (14081168)
Yusuf Robiansyah                              (14081228)
Rochmat Hidayat                                (14082356)


PROGRAM STUDI PSIKOLOGI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2014/2015


Bab 1
Pendahuluan
1.1. Latar belakang
Dewasa ini fenomena game online telah menjamur di kalangan  pelajar dan mahasiswa. Mereka tahan duduk berjam-jam di depan computer/gadged bermain game yang terhubung dengan internet. Kalau sudah main mereka sering lupa segala-galanya, lupa belajar, lupa tidur, dan mungkin lupa sekolah/kuliah. Padahal bermain game online tidak hanya melelahkan stamina, tetapi juga menguras uang (untuk membayar akses internet).
Pengaruh buruk bermain game online (termasuk video games yang tidak menggunakan internet seperti PS2) pada anak sudah banyak dibahas di berbagai media, misalnya anak menjadi agresif, berbicara kasar, kurang bersosialisasi, mengganggu pertumbuhan, dan sebagainya. Namun tidak hanya itu saja, anak bahkan sampai nekat mencuri agar bisa terus bermain game online di warnet. Sudah banyak berita atau tulisan yang membahas kecanduan game online ini dapat membuat anak berperilaku .
Game online tidak hanya membuat kecanduan bagi anak-anak, bahkan mahasiswa pun ada yang “terjerumus” kecanduan game online. Kasusnya terjadi pada mahasiswa salah satu Perguruan TInggi di Indonesia. Nilai-nilai kuliahnya anjlok,  bahkan terancam drop out (DO), setelah yang bersangkutan kecanduan game online. Hal itu dikarenakan  ia jarang kuliah, tidak ikut ujian, dan tidak membuat tugas kuliah. Hal tersebut diatas yang melatar belakangi penelitian kita.
1.2. Tujuan
Tujuan dari pada wawancara ini adalah untuk mengetahui motif serta dampak positif dan negativenya  seseorang memainkan game online.

1.3. Faktor penyebab :
Adapun faktor-faktor yang menyebabkan seorang remaja akhir kecanduan game online
adalah sebagai berikut :
·      Lingkungan yang kurang terkontrol, karena melihat teman-temannya yang lain banyak yang bermain game online.
·      Kurang memiliki hubungan sosial yang baik, sehingga remaja memilih alternative bermain game sebagai aktivitas yang menyenangkan.
·      Padatnya jadwal kuliah dan banyaknya tugas yang diberikan guru atau dosen yang membuat remaja akhir menjadi stress, sehingga remaja akhir mencari alternative lain untuk mengurangi stress tersebut dengan bermain game online.

1.4. Asesment awal :
Dari penjabarandiatas kami tertarik untuk mengetahui dampak sepertiapa yang di timbulkan akibat dari kecanduan game online (game online addiction), menurut Kimberly Young (1996) seorang peneliti tentang kecanduan  internet atau game online mengatakan bahwa seseorang yang dapat dikatakan sebagai pecandu internet ataugame online, memiliki kriteria sebagai berikut :
·      Sesorang yang kecanduan game on line biasanya akan selalu mencari tempat dimana jaringan internet bagus
·      Biasanya orang yamg kecanduan game on line rela menghabiskan waktu berjam jam di depan computer
·      Seseorang yang kecanduan game on line cenderung susah untuk mengendalikan dorongn untuk bermain game
·      Ketika seseorang pecandu game on line berhenti memainkan permainanya dia akan merasa sendiri,tidak nyaman dll
·      Adanya kecenderungan untuk tetap on-line melebihi dari waktu yang ditargetkan
·      Karena terlalu sering dan lamanya waktu yang digunakan untuk bermain game online secara tidak langsung dia menutup hubungan social dengan masyarakat yang mengakibatkan berbagai dampak antara lain kehilangan relasi,pekerjaan, dll
·      Penggunaan internet menyebabkan pengguna membohongi keluarga, terapis, dan orang lain untuk menyembunyikan keterlibatannya yang berlebihan dengan internet
·      Internet digunakan untuk melarikan diri dari masalah atau untuk meredakan perasaan-perasaan negative seperti rasa bersalah, kecemasan, depresi, dan sebagainya.

1.5.Subjek :
     Subjek yang akan kami gunakand alam tugas kali ini memiliki criteria sebagai berikut :
·      Remajausia 17 – 21 tahun.
·      Berstatus pelajar atau mahasiswa
·      Perantau atau berasal dari luar daerah
Alasan dari daripada pemilihan objek ini antara lain :
·      Kemudahan akses dan dukungan financial untuk bermain game online
·      Mudah ditemui
·      Banyak kalangan remaja yang bermain game online

1.6.Indiktorperilaku:
Dari penjelasan diatas kami mengambil indicator perilaku yang ingin kami amatidalam tugas ini adalah :
·      Para remaja lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain game diluar jam-jam sekolah / kuliah.
·      Kurang memperhatikan penampilan diri (missal : malas mandi)
·      Berbagai perilaku negative (malas, boros, suka berbohong, kurang bersosialisasi terhadap lingkungan ).
·      Berbagai dampak positive (memiliki banyak teman di dunia maya di seluruh indonesia)





Bab II
Pembahasan

2.1.Landasan Teori
Definisi mengenai kecanduan menurut (Arthur T. Hovart, 1989) adalah sebagai berikut :”an activity or substance we repeated crave to experience, and for which we are willing if necessary to pay a price (or negative consequence).
Berdasarkan defenisi tersebut kecanduan berarti suatu aktivitas atau substansi yang dilakukan berulang – ulang dan menimbulkan dampak negatif.
Game online adalah permainan video yang dimainkan selama beberapa bentuk jaringan komputer , menggunakan komputer pribadi atau konsol video game .
Kecanduan game online adalah suatu aktivitas atau substansi terhadap suatu jenis permainan komputer berupa game online yang dilakukan berulang – ulang dan dapat menimbulkan dampak negatifPerkembangan teknologi yang semakin pesat ini membuat para pengembang teknologi terus membuatinovasi-inovasi baru untuk mendapat keuntungan. Salah satunya pengembang  yang bergerak dibidang jasa internet, Menurut  O`Brien (2003, p10) Internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling berhubungan dengan jumlah penggunanya lebih dari 200 negara. Mereka terus membuat gebrakan baru untuk mendapatkan keuntunganya itu dengan membuat game online. Perkembangan game online  yang terjadi saat inisangat pesat, dimana peminat game online tidak hanya kalangan anak saja tetapi orang dewasa ikut memainkannya juga.
Menurut Ketua Umum APJII, Semuel A. Pangerapan, selamatahun 2014, pengguna Internet di Indonesia tercatat sebanyak 88,1 juta, tumbuh 16,2 jutadarisebelumnya 71,9 jutaataudengan kata lain memiliki penetrasi 34,9%.
Angka 88,1 juta itu, Lanjut  Sammy, disesuaikan dengan jumlah penduduk di Indonesia yang mana pada tahun  2014 Badan Pusat Statistik mendata sedikitnya jumlah penduduk di Indonesia mencapai 252 juta.  Dari data tersebut tidak menutup kemungkinan sebagian besar internet yang digunakan oleh orang Indonesia digunakan untuk bermain game online.
Dari penjabarandiatas kami tertarik untuk mengetahui dampak sepertiapa yang di timbulkan akibat dari kecanduan game online (game online addiction), menurut Kimberly Young (1996) seorang peneliti tentang kecanduan  internet atau game online mengatakan bahwa seseorang yang dapat dikatakan sebagai pecandu internet ataugame online, memiliki kriteria sebagai berikut :
·       Pikiran pecandu internet terus-menerus tertuju pada aktivitas berinternet dan sulit untuk dibelokkan kearah lain
·       Adanya kecenderungan penggunaan waktu berinternet yang terus bertambah demi meraih tingkat kepuasan yang sama dengan yang pernah dirasakan sebelumnya
·       Yang bersangkutan secara berulang gagal untuk mengontrol atau menghentikan penggunaan internet
·       Adanya perasaan tidak nyaman, murung, atau cepat tersinggung ketika yang bersangkutan berusaha menghentikan penggunaan internet
·       Adanya kecenderungan untuk tetap on-line melebihi dari waktu yang ditargetkan
·       Penggunaan internet itutelah membawa risiko hilangnya relasi yang berarti, pekerjaan, kesempatan studi, dankarier.
·       Penggunaan internet menyebabkan pengguna membohongi keluarga, terapis, dan orang lain untuk menyembunyikan keterlibatannya yang berlebihan dengan internet
·       Internet digunakan untuk melarikan diri dari masalah atau untuk meredakan perasaan-perasaan negative seperti rasa bersalah, kecemasan, depresi, dan sebagainya.




Bab III
Pengambilan Data

3.1.Tempat Pengambilan Data
Wawancara ini dilakukan di berbagai tempat penyedia game online maupun di area kampus yang sebelumnya memperoleh informasi bahwa orang tersebut adalah seorang pecandu game online/gamers.

3.2.Tanggal Pengambilan Data
Proses pengambilan data/wawancara ini dilakukan pada tanggal 10 Juni 2015

3.3.Proses dan Metode Pengambilan Data
Kami melakukan pengambialan data dengan metode wawancara individu dan terstruktur dimana subjek wawancara berhadapan dengan satu pewawancara danada panduan yang jelas serta terperinci untuk melakukan wawancara. Kami mengambil 6 subjek dimana 3 subjek adalah pecandu yang hampir setiap harinya memainkan game online tersebut dengan konsekuensi jika tidak memainkan game tersebut, subjek mengalami gangguan pada ranah afektif seperti merasa sepi atau merasa beda dalam kehidupannya. sedangkan 3 subjek yang lainnya tidak mengalami perilaku kecanduan seperti kedua subjek lainnya (bias mengalihkan dengan kegiatan lainnya) .






3.4.            Hasil Wawancara
Berikut ini adalah hasil wawancara yang kita lakukan :

Draft Wawancara

Nama   : AW (Subjek 1)                                              Pekerjan                      : Mahasiswa
Usia     : 21                                                                  Status Perkawinan      : Belum kawin
Kelas   : Semester 6                                        

No
Pertanyaan
Jawaban
1
Siapakah nama saudara?
Agung wahyuono
2
Dimana alamat saudara?
Dewan maguwo sleman
3
Dari mana anda berasal?
Rongkop
4
Anda sedang main game apa?
Coc (clash of clan)
5
Game apa yang sedang popular sekarang?
Setau saya ya ini haha, soalnya temen saya banyak yang main
6
Bagaimana pendapat saudara tentang…..

Sebenarnya si game ini dari segi gambarnya kurang bagus karena masi klasik ,tapi walaupun begitu tiap main seru banget jadi pengen main terus
7
Game yang sedang populer tersebut,apakah menarik atau tidak?

Ya menarik maknya saya main tiap hari ,karena kan lawanya user jadi bukan Cuma kemenangan tapi juga siapa yang terkuat
8
Game apa yang seringan damainkan? Apaalasanya?

Ya coc ini, karena main game ini butuh kesabaran dan perjuangan kalau gak dimainin terrus kerajaanya akan kalah
9
Berapa sering anda main game dalam sehari?

Sering banget bisa seharian kalau libur kalau hari biasa ya 3-4 jam
10
Bagaimana sensasi anda ketika memainkan game online?

Sensasinya ya kaya kita te rbawa dalam permainan momotivasi terus untuk jadi terkuat
11
Jika anda kalah dalam main geme online apa yang anda rasakan?

Kesel banget apalagi kalo uda lama main ehh ujung ujungnya kalah yapi itu justru serunya main terus untuk jadi yang terkuat
12
Ketika server maintance, bagaimana respon anda?

Kesellah apalagi kalau pas lagi seru-serunya
13
Apakah saudara tidak bosan main game?

Egak si ,tapi kalo ada game yang lebih menarik dari ini bagi saya mungkin saya juga akan main game itu
14
Sisi positive apa yang saudara rasakan setelah main game?
Yang jelas otak fresh

15
Seberapa bermaanfaat game online dalam hidup Anda ?
Yang jelas hidup sepi tanpa game

16
Serta sisi negativenya apa bagi audara?
Apa yaa, lupa waktu kali soalnya bisa maen sampe malem
17
Pernahkah anda merasa pusing atau gelisah dan semacamnya ketika anda tidak  bermain game online ?
Egak si,tapi kalo maen sampe malem siangnya ngantuk haha,

18
Bagaimana seandainya dalam sebulan ini anda tidak menyentuh game online sama sekali? Apakah anda sanggup ?
Kayaknya ngak sanggup tapi kalo Cuma seminggu mungkin bisa
19
Bagaimana usaha yang anda lakukan untuk mengalihkan keseharian anda dari game online ?

Ya kumpul sama temen maen kemana gitu yang pasti maen yang dimana susah sinyal
20
Apakah anda menyadari bahwa game online ini berpengaruh dengan prestasi akademi saudara, misalkan menurunnya prestasi saudara atau malah sebaliknya ? Tolong ceritakan sedikit mengenai hal itu !


Sadar si tapi gimana lagi ,kalo gak main game serasa ada yang kurang gitu
21
Bagaimana sikap orang disekitar anda ketika anda main game?
Biasa aja si soalnya mereka juga main semua
22
Oow jadi anda setiap hari main game dengan durasi 3-4  jam bahkan kadang sampai lupa waktu,dan anda sadar kalau itu berpengaruh pada prestasi anda dan anda merasa otak anda fresh setiap kali memainkan game tersebut. Seperti itu secara singkatnya
Ha ha ha bisa dibilang begitu
23
Terimakasih atas waktunya dan jika suatu saat saya butuh lebih banyak informasi bisahkah saya menghubungi saudara kembali?
Ow ya tentu dengan senang hati




Draft Wawancara

Nama   : FAS (Subjek 3)                                             Pekerjan                      : mahasiswa
Usia     : 18 tahun                                                        Status Perkawinan      : belum kawin
Kelas   : semester 2                                                                

NO
Petanyaan
Jawaban
1.
Siapakah nama saudara?

Fikri asybilli
2.
Dimana alamat saudara
Jalan jembatan merah, gejayan
3.
Dari mana anda berasal?

Jawa timur
4.
Anda sedang main game apa?

Crossfire
5.
Game apa yang sedang popular sekarang?
Wah tidak tahu
6.
Berapa sering anda memainkan game tersebut ?
Seminggu 2 kali dalam durasi 19 jam
7.
Bagaimana sensasi anda ketika memainkan game online?
Pusing kepala , sakit pada bagian telinga dan mata, tapi ada dorongan untuk memainkan game tersebut kembali
8.
Jika anda kalah dalam main geme online apa yang anda rasakan/reaksi anda?
Kecewa, berbicara kata-kata kotor, merasa dicurangi
9.
Ketika server maintance, bagaimana respon anda?
Kesal dan timbul dorongan untuk memukul perangkat computer yang ada
10.
Apakah saudara tidak bosan main game?
Terkadang bosan
11.
Sisi positive apa yang saudara rasakan setelah main game?
Gak tau
12.
Seberapa bermaanfaat game online dalam hidup Anda ?
Saya terkadang memainkan game online untuk menghilangkan jenuh di waktu luang
13.
Serta sisi negativenya apa bagi audara?
Kehabisan uang dan dalam rentang waktu tertentu timbul perasaan jenuh
14.
Pernahkah anda merasa pusing atau gelisah dan semacamnya ketika anda tidak  bermain game online ?
Sering
15.
Jika pernah, tolong ceritakan apa yang anda alami dalam situasi tersebut ke saya !
Ya pusing saja
16.
Bagaimana seandainya dalam sebulan ini anda tidak menyentuh game online sama sekali? Apakah anda sanggup ?
Kurang tahu ya mas
17.
Bagaimana usaha yang anda lakukan untuk mengalihkan keseharian anda dari game online ?
Ya tidur seharian dirumah
18.
Apakah anda menyadari bahwa game online ini berpengaruh dengan prestasi akademi saudara, misalkan menurunnya prestasi saudara atau malah sebaliknya ? Tolong ceritakan sedikit mengenai hal itu !
Enggak begitu
19.
Bagaimana sikap orang disekitar anda ketika anda main game
Biasa saja mas
20.
Terimakasih atas waktunya dan jika suatu saat saya butuh lebih banyak informasi bisahkah saya menghubungi saudara kembali?
Sip…..




Draft Wawancara

Nama   : LM (Subjek 4)                                               Pekerjan                      : MAHASISWA
Usia     : 19 tahun                                                        Status Perkawinan      : belum kawin
Semester: 2                                                                 

NO
Petanyaan
Jawaban
1.
Siapakah nama saudara?
Lukman maryadi
2.
Dimana alamat saudara
Prayan wetan
3.
Dari mana anda berasal?
Gunung kidul
4.
Anda sedang main game apa?
Fifa online
5.
Game apa yang sedang popular sekarang?
Tidak begitu tahu mas
6.
Bagai mana pendapat anda dengan game yang sedang anda mainkan?
Menarik ,karna menantang dan mengadu bagaimana membuat strategi,dasarnya juga suka bola
7.
Menurut anda game itu menarik atau tidak?
menarik
8.
Berapa sering anda main game dalam sehari?
Jarang,3-4jam sehari
9.
Apa alasanya anda suka main game tersebu?t
Jarang yang main curang/ngecheat
10.
Bagaimana sensasi anda ketika memainkan game online?
Senang,bahagia dan nyaman
11.
Jika kalah dalam main game onlineapa yang anda rasakan?
Jengkel
12.
Ketika server maintance,bagaimana respon anda?
Kesel,emosi,nunggu sampai server aktive
13.
Apa anda tidak bosan main gameonline?
Enggak bosen
14.
Serta sisi negativenya apa bagi audara?
Dapat ngisi waktu luang sendiri
15.
Pernahkah anda merasa pusing atau gelisah dan semacamnya ketika anda tidak  bermain game online ?
Tidak
16.
Bagaimana seandainya dalam sebulan ini anda tidak menyentuh game online sama sekali? Apakah anda sanggup ?
Enggak tahu mas
17.
Bagaimana usaha yang anda lakukan untuk mengalihkan keseharian anda dari game online ?
Ya menyibukkan diri
18.
Apakah anda menyadari bahwa game online ini berpengaruh dengan prestasi akademi saudara, misalkan menurunnya prestasi saudara atau malah sebaliknya ? Tolong ceritakan sedikit mengenai hal itu !
Enggak juga sih, enggak begitu mikir kesana
19.
Bagaimana sikap orang disekitar anda ketika anda main game
Biasa saja
20.
Terimakasih atas waktunya dan jika suatu saat saya butuh lebih banyak informasi bisahkah saya menghubungi saudara kembali?
Iya mas, dengan senang hati




Draft Wawancara

Nama   : PH (Subjek 5)                                   Pekerjan                      : Mahasiswa
Usia     : 20                                                      Status Perkawinan      : Belum kawin
Kelas   : Semester 4                                         Asal                             : Demangan, Sleman

No
Pertanyaan
Jawaban
1
Siapakah nama saudara?
Pandu Herbowo
2
Dimana alamat saudara?
DemanganSleman
3
Dari mana anda berasal?
Semarang
4
Anda sedang main game apa?
Candy Crush
5
Game apa yang sedang popular sekarang?
Setau saya Cuma ini haha, banyak juga tapi saya tidak begitu suka
6
Bagaimana pendapat saudara tentang Game yang anda mainkan ?
Game ini lumayan menantang
7
Game yang sedang populer tersebut,apakah menarik atau tidak?

Ya, menarik
8
Game apa yang sering anda mainkan? Apaalasanya?

Ya Candy Crush ini, karena game ini enggak gampang bosen
9
Berapa sering anda main game dalam sehari?

Hampir tiap hari ya 3-4 jam lah…
10
Bagaimana sensasi anda ketika memainkan game online?
Bikin penasaran sih , mengasah otak
11
Jika anda kalah dalam main geme online apa yang anda rasakan?
Kesel tapi penasaran, jadi pengen main terus
12
Ketika server maintance, bagaimana respon anda?

Pastinya kesel, kecewa gitu
13
Apakah saudara tidak bosan main game?
Enggak
14
Sisi positive apa yang saudara rasakan setelah main game?
Ngerasa enjoy aja beban serasa berkurang,hahaha
15
Seberapa bermaanfaat game online dalam hidup Anda ?
Yang jelas kayak teman hidup

16
Serta sisi negativenya apa bagi audara?
Enggak begitu mikir sampai kesitu
17
Pernahkah anda merasa pusing atau gelisah dan semacamnya ketika anda tidak  bermain game online ?
Pernah

18
Bagaimana seandainya dalam sebulan ini anda tidak menyentuh game online sama sekali? Apakah anda sanggup ?
Belum terpikirkan mas mungkin tidak bisa
19
Bagaimana usaha yang anda lakukan untuk mengalihkan keseharian anda dari game online ?

kumpul sama temen sama nongkrong di kampus
20
Apakah anda menyadari bahwa game online ini berpengaruh dengan prestasi akademi saudara, misalkan menurunnya prestasi saudara atau malah sebaliknya ? Tolong ceritakan sedikit mengenai hal itu !
Sadar tapi enggak begitu ngerasain kok

21
Bagaimana sikap orang disekitar anda ketika anda main game?
Biasa saja
22
Jadi anda memainkan game tiap hari hanya untuk menghilangkan rasa sepi tanpa memikirkan dampak negative dari terlalu banyak memainkan game tersebut?
Iya mas,heheheh
23
Terimakasih atas waktunya dan jika suatu saat saya butuh lebih banyak informasi bisahkah saya menghubungi saudara kembali?
Ow ya tentu dengan senang hati




Draft Wawancara

Nama   : AN (Subjek 6)                                               Pekerjan                      : Mahasiswa
Usia     : 18                                                                  Status Perkawinan      : Belum kawin
Kelas   : Semester 2                                        

No
Pertanyaan
Jawaban
1
Siapakah nama saudara?
Adam Nuraidi
2
Dimana alamat saudara?
Kos – kosan daerah soropadan
3
Dari mana anda berasal?
Klaten
4
Anda sedang main game apa?
FPS perang
5
Game apa yang sedang popular sekarang?
Ada DOTA 2, PB (Point Blank) dan Dragon Nes Mas
6
Bagaimana pendapat saudara tentang Game tersebut?

Saya menyukai game ini karena game ini memiliki grafis yang bagus dan seru untuk dimainkanbersama mas
7
Game yang sedang populer tersebut,apakah menarik atau tidak?

Kalau Dota 2 sih yang bikin serunya karena memerlukan kecepatan tangan aj, begitu aja menurut saya
8
Game apa yang seringan damainkan? Apaalasanya?

Game FPS ini, karena saya merasa tertantang untuk terus menaikkan level character saya dan memiliki senjata terkuat
9
Berapa sering anda main game dalam sehari?

Biasanya saya bermain selama 4-6 jam, tetapi sekarang karena sibuk kuliah palingan seminggu sekali aj mainnya
10
Bagaimana sensasi anda ketika memainkan game online?

Ya seru, karena jika posisi teratas kita akan memiliki senjata bagus dan pangjat character kita pun akan naik
11
Jika anda kalah dalam main geme online apa yang anda rasakan?

Ya kecewa sudah jelas, tapi biasanya sambil teriak-teriak gitu warnet
12
Ketika server maintance, bagaimana respon anda?

Kecewalah, biasanya saya langsung mencari kegiatan lain untuk menungu server kembali normal
13
Apakah saudara tidak bosan main game?

Gak ada bosan, karena musuh yang kita lawan berbeda-beda dan kemampuan main mereka juga bagus jadi tidak bosan.
14
Sisi positive apa yang saudara rasakan setelah main game?
Banyak mendapat teman dari luar daerah karena bermain game dan merasa enjoy aja

15
Seberapa bermaanfaat game online dalam hidup Anda ?
Manfaatnya ada, bisa untuk mencari keuntungan kecil-kecilan, cisalnya jika kita memiliki character level atas kita bisa menjualnya

16
Serta sisi negativenya apa bagi audara?
Mengantuk di kelas, karena begadang, gampang sakit juga karena begadang, boros uang juga karena harus beli senjata di game itu dan nyewa billing warnet buat main
17
Pernahkah anda merasa pusing atau gelisah dan semacamnya ketika anda kalah bermain game online?mengapa anda bisa kalah?
Kalau kalah ya marah, menggerutu, pusing karena mendapat lawan yang kuat

18
Bagaimana seandainya dalam sebulan ini anda tidak menyentuh game online sama sekali? Apakah anda sanggup ?
Dulu sih gak tenang, gelisah lo gk main. tapi sekarang sudah gk terlalu seperti itu lagi.
19
Bagaimana usaha yang anda lakukan untuk mengalihkan keseharian anda dari game online ?

Nongkrong ma temen-temen, belajar begitu sih
20
Apakah anda menyadari bahwa game online ini berpengaruh dengan prestasi akademi saudara, misalkan menurunnya prestasi saudara atau malah sebaliknya ? Tolong ceritakan sedikit mengenai hal itu !
Awalnya sih tidak terlalu menganggu prestasi, tetapi setelah kecanduan prestasi menurun konsentrasi untuk belajar berkurang.



21
Bagaimana sikap orang disekitar anda ketika anda main game?
Menyindir, mengucilkan, mereka menganggap para gamers tidak bisa melakukan apa-apa, padahal mereka tau seperti apa sebenarnya gamers itu ketika tidak bermain game
22
Oow jadi anda setiap hari main game dengan durasi 4-6 jam, tetapi sekarang sudah berkurang jadi seminggu sekali, anda sadar kalau itu berpengaruh pada prestasi anda dan anda merasa otak anda fresh setiap kali memainkan game tersebut. Seperti itu secara singkatnya
Ya begitu mas
23
Terimakasih atas waktunya dan jika suatu saat saya butuh lebih banyak informasi bisahkah saya menghubungi saudara kembali?
Ok tentu saja


  


Bab IV
Pengolahan Data

Dari data diatas dapat diperoleh informasi bahwa subjek pertama menunjukkan bahwa, akibat dari intensitas main game yang terlalu sering sampai lupa waktu mengakibatkan dia mengalami penurunan prestasi dan kebiasaan buruk lainya ,hal ini menunjukakan bahwa subjek tidak bias mengendalikan dorongan psikologisnya untuk terus main game maka dari itu subjek pertama memerlukan penanganan khusus agar dia bisa mengalihkan dorongan untuk main game nya agar bisa mengalihkanwaktu kegiatan kearah yang lebih positif.
Pada subjek 2, hampir setiap hari waktunya dihabiskan diwarnet. Berjam-jam ia habiskan hanya untuk memainkan Game poker. Berawal dari iseng kemudian mendapat keuntungan berupa materi dengan pundi-pundi rupiah yang iadapat ketika memainkan game tersebut. Kebiasaan tiap harinya itu yang menyebabkan kecanduan terghadap game tersebut.Ia merasa ada yang kurang apabila tidak memainkan game tersebut dalam satu hari saja. Ia merasa pusing , gelisah, serta emosi yang bergejolak akibat tidak memainkan game tersebut. Ia bahkan melupakan kesehatan akan dirinya. Selain itu juga, karena ketagihan memainkan game onlineia akan menghabiskan uangnya demi bermain game online yang dimainkannya.
Dari subjek ketiga dapat diperoleh informasi bahwa game online tidak begitu  memberikan dampak candu bagi subjek ketiga, ditinjau dari intensitas waktu subjek dalam memainkannya. Dia merasa bahwa game online hanyasebagai media alternatif kegiatan dalam hal ini mahasiswa untuk mengisi waktu libur dan waktu luang saja. Penulis berpendatpat bahwa kebiasaan memainkan game online dalam situasi yang demikian tidak begitu memberikan dampak bagi subjek sehingga subjek ketigahanya beranggapan bahwa game online sebagai fasilitator yang tepat untuk memenuhi kebutuhan psikisnya. 
Dari subyek keempat dapat dilihat bahwa game online itu dilakukan subyek hanya karena untuk mengisi waktu luang.dan sebetulnya  subyek masih malu-malu untuk mengakuinya karana saat ditanya masih memberikan jawaban dengan gugup dan agak terbata-bata . Subjek juga mengatakan main 3-4 jam sehari tetapi pada saat malam saya ke warnet hendak mengambil foto ternyata subyek masih disana dengan baju yangsama dan ditempat yang sama padahal saya wawancara pukul 10.00 WIB.
Subjek ke kelima memainkan game online hanya untuk menghilangkan rasa sepinya. Game yang ia mainkan adalah Cundy Crush , game pengasah otak dan game penuh tantangan. Ia pernah merasakan pusing ketika tidak memainkan game online. Untuk saat ini, ia tidak terpikirkan bagaimana seandainya ia berhenti memainkan game online. Namun, ia sudah bisa melepaskan kecanduan dari main game online dengan menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan kampus.
Berbeda dengan subjek ke enam.Ia mengahabiskan waktunya untuk main game tiap harinya sekitar 4-6jam. Ia pernah merasakan gejala pusing, gelisah, serta gejolak emosi yang berubah-ubah seperti marah-marah tanpa sebab ketia ia tidak memainkan game online tersebut. Namun kini ia sudah bisa mengurari dampak tersebut dengan menyibukkan diri dengan berkumpul bersama teman-temannya ketika ia menyadari bahwa game online berdampak negative pada kehidupannya maupun prestasi akademiknya..





Bab V
Penutup

5.1. Kesimpulan
Berdasarkan hasil wawancara yang telah kami lakukan, dampak kecanduan game online di kalangan remaja sangan memprihatinkan. Hanya sedikit sisi positive yang diperoleh, namun dampak negative yang ditimbulkan sangat lah banyak. Dampak kecanduan game online tersebut antara lain : lupa akan waktu, menghambur-hamburkan uang, kurang bersosialisasi dengan orang lain, kesehatan diri yang terabaikan,prestasi akademik yang menurun, dan lain sebagainya. Untuk melepaskan kecanduan tersebut haruslah dimulai dari dalam diri individu itu sendiri.Dengan niat berhenti yang kuat, adalah modal utama untuk terbebas dari efek kecanduan game online tersebut. Selain itu, menyibukkan diri dengan kegiatan lain sangat berguna untuk mengalihkan kesibukan dari aktivitas main game.

5.2. Kesulitan dalam pengambilan data wawancara
Berikut kesulitan ketika mengambil data wawancara yang telah kita lakukan, antara lain :
a.       narasumber membatasi jawaban yang ia berikan/tidak terbuka,
b.      situasi yang kurang kondusif yang membuat jawaban subjek kurang mendetail/menyeluruh,
c.       kadang ada indikasi fucking good dari subjek,
d.      jawaban yang diberikan subjek relative hampir sama/monoton,
e.       ada subjek yang pasif dan pewanwancara yang lebih active(direction),
f.       jawaban subjek kurang berbobot mungkin dikarenakan kuranganya pengetahuan mereka,
g.      terkadang jawaban yang diberikan kurang nyambung.

5.3. Kaitan dengan penelitian terdahulu
Berdasarkan acuan penelitian terdahulu, game online dapat memberikan dampak kecanduan bagi kalangan pelajar dan merubah beberapa segi kehidupan mereka, diantaranya:
A.    Segi Waktu
Dari segi waktu, pelajar yang kecanduan game online akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk memainkan game online. Dan tidak jarang pula ada yang bolos sekolah untuk bermain game online di warnet. Hal yang menyebabkan pelajar tersebut rela menghabiskan waktunya diwarnet adalah ingin menaikkan pengalaman untuk menaikkan level, menghilangkan stres, ingin menghabiskan waktu, mencari teman, karena permainannya yang terus update dan tidak membosankan.

B.      Segi Keuangan
Dari segi keuangan, pelajar yang ketagihan memainkan game online akan menghabiskan uangnya demi bermain game online yang dimainkannya. Adapun uang yang dihabiskannya digunakan untuk membayar billing warnet game center yang harganya mulai dari dua ribu perjam sampai tiga ribu perjam atau dan membeli uang virtual game yang digunakan untuk membeli peralatan, barang, senjata, dan bangunan dari suatu game online.


C.     Segi Akademik
Dari segi akademik, pelajar yang kecanduan game online akan sulit untuk membagi waktu untuk bermain dan belajar. Sehingga ia akan lalai terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Sehingga mengakibatkan semangat belajarnya menurun dan nilai akademiknya juga menurun.

D.     Segi Psikologi
Dari segi psikologi, ancaman  paling  umum  saat seseorang  kecanduan  adalah ketidakmampuannya dalam mengatur emosi. Individu lebih sering merasa sedih, kesepian, malu, takut untuk  keluar,  berada  dalam  situasi  konflik keluarga  yang tinggi, dan memiliki  self-esteem yang  rendah.  Hal  ini  mempengaruhi  hubungan dengan  teman  sekamar,  siswa  lainnya, orangtua,  teman,  fakultas,  dan  pembimbing. Pecandu  juga  kesulitan  membedakan  antara permainan  atau  fantasi  dan  realita. Pecandu cenderung  menutupi  masalah  psikologis tersebut.


E.      Segi Sosial
Dari segi sosial,  dalam hubungan dengan teman ataupun keluarga menjadi renggang karena waktu bersama mereka menjadi jauh berkurang.Pergaulan pelajar tersebut  hanya di game online saja, sehingga membuat para pecandu game online jadi terisolir dari teman-teman dan lingkungan pergaulan nyata. Ketrampilan sosial berkurang, sehingga semakin merasa sulit berhubungan dengan orang lain. Perilaku jadi kasar dan agresif karena terpengaruh oleh apa yang kita lihat dan mainkan di game online.

F.      Segi Kesehatan
Dari segi kesehatan, Baroness Greenfield, profesor farmakologi di Universitas Oxford menemukan tanda-tanda terhentinya pertumbuhan zat abu-abu di otak pengguna internet berlebih yang semakin lama dapat memburuk dari waktu ke waktu. Hal ini dapat mempengaruhi konsentrasi dan memori, serta kemampuan mereka untuk membuat keputusan dan tujuan yang akan mereka tetapkan. Hal tersebut juga bisa menyebabkan perilaku yang ‘tidak sopan’.
Satu set gambar  MRI difokuskan pada materi abu-abu di permukaan keriput otak atau korteks, di mana pengolahan memori, emosi, ucapan, penglihatan, pendengaran dan kontrol motor terjadi. Membandingkan materi abu-abu antara kedua kelompok tersebut dapat menunjukkan terhentinya pertumbuhan di daerah kecil pada beberapa dari semua otak pecandu game online.
Hasil scan menunjukan semakin lama kecanduan internet akan menimbulkan kerusakan pada otak lebih serius. “Ini merupakan kelainan struktural yang mungkin dikaitkan dengan gangguan fungsional dalam kontrol kognitif. Hasil penelitian kami menyarankan jangka panjang kecanduan internet akan mengakibatkan perubahan struktural otak. Game online memberikan ketegangan yang tinggi pada mata orang yang memainkannya. jika pelajar yang kecanduan game online memainkannya setiap hari dan berjam-jam, maka mata pelajar tersebut sudah pasti menjadi rusak karena penyiksaan yang dilakukan oleh game online yang dimainkan.



Daftar Pustaka





7 comments:

  1. Menarik sekali Infonya.

    Info kuliah s2 ya di Kuliah S2

    ReplyDelete
  2. ♥ ♠ ♦ ♣ LEGENDAQQ.NET ♥ ♠ ♦ ♣
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon
    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^

    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2AE190C9
    - Facebook : Legendaqq
    Link Alternatif :
    - www.legendaqq(dot)net
    - www.legendaqq(dot)org
    - www.legendapelangi(dot)com
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^

    ReplyDelete
  3. I really like your take on the issue. I now have a clear idea on what this matter is all about.. Is Paragontraders legit

    ReplyDelete
  4. Very useful info. Hope to see more posts soon!. paragontraders reviews

    ReplyDelete
  5. No doubt this is an excellent post I got a lot of knowledge after reading good luck. Theme of blog is excellent there is almost everything to read, Brilliant post. Is Coinboostsignals legit

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Apakah ilmu yang ada di blog ini bermanfaat ?

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget