Bagi John B. Watson, perkembangan
merupakan sesuatu yang mekanik. Kepribadian — yang dimaksudkan oleh Watson
adalah seluruh sistem tingkah laku yang kelihatan — dibangun dan proses
pengondisian. Meskipun banyak ahli teori belajar modern tidak setegas Watson
terhadap proses yang sederhana mengenai perolehan dan perubahan tingkah laku,
namun pendekatan behavio-ristik tetap mempunyai pengaruh yang sangat kuat.
Baik pendekatan psikoanalitik maupun
pendekatan behavioral adalah deterministik, tetapi masing-masing pendekatan ini
menemukan sumber tingkah laku dalam tempat yang berbeda. [Determinisme berarti
setiap kejadian atau tindakan disebabkan oleh apa yang terjadi sebelumnya dan
bukan oleh keputus-an individu]. Para psikolog yang menggunakan pendekatan
behavioral memu-satkan perhatian pada belajar. Mereka melihat tingkah laku
sebagai produk dan hubungan stimulus-respons (S — R) dan bukan produk dan
kejadian-kejadi-an intrapsikis. Mereka tidak menyelidiki atau menggali masa
lampau individu atau menyuruhnya untuk menjelaskan apa sebabnya is menjadi
demikian.

0 comments:
Post a Comment