Sunday 16 October 2016

Dalam menopang usaha perekonomian organisasi, Genmuba memiliki berbagai usaha yang telah dirilis diawal tahun 2016. Komoditas dari sector peternakan, pertanian, dan perkebunan merupakan usaha utama yang secara berkala terus dikembangkan setiap waktu dengan perluasan bidang usaha yang diharapkan mampu menopang ekonomi baru secara signifikan, mengingat letak geografi dan morfologi dusun banaran yang sangan mendukung dibidang tersebut. Perluasan usaha selalu dilakukan. Semangat kerja yang terjaga serta kekompakan anggota yang dimiliki mampu meningkatkan produktivitas organisasi. Perkembangan ekonomi yang terlihat jelas pun mulai signifikan berjalan ke arah positif dari waktu ke waktu. Ide-ide terkini bersifat inovatif selalu diserap dan direalisasikan sesuai budget dan target pencapaian minimal yang telah ditetapkan.

Di sector peternakan, Genmuba memiliki usaha ternak lele yang setiap 3 bulan dapat dipanen. Pemilihan usaha ini (lele), karena lele itu sendiri tidak mudah terkena penyakit, gampang perawatan, tidak ribet/simple, dan juga mudah dalam hal pemasaran. Saat ini Genmuba memiliki 4 kolam lele, dimana setiap kolam berkapasitas 500-700 ekor (ukuran 3x5 meter) .




Disektor pertanian, Genmuba menggarap usaha tani di atas tanah seluas 1000 m₂. Tanah tersebut merupakan tanah sewa desa Sumberagung . Jenis tanaman yang dipilih antara lain tanaman padi dan palawija. Sektor pertanian merupakan salah satu sector yang terus dikembangkan dari waktu ke waktu. Pembaruan tanaman pertanian yang disesuaikan dengan musim , selera pasar dan asas ke praktisan. seluruh aktivitas dan pemberdayaan usaha dibidang ini dilakukan sepenuhnya oleh seluruh anggota karang taruna.


Terakhir adalah sector perkebunan. Tanaman pisang ambon merupakan pilihan utama usaha dibidang ini mengingat pisang ambon memiliki nilai harga jual tinggi, praktis, dan tidak memerlukan perawatan lebih. Perawatan dilakukan dalam wujud gotong royong setiap 2 minggu-1 bulan sekali.

Ketiga usaha diatas setiap waktu terus dikembangkan dan diperluas dengan daya cipta kreatif yang dimiliki oleh anggota organisasi. Perluasan dilakukan dengan membaca pergerakan dan situasi yang ada. Setiap saat , Genmuba siap untuk mengambil alih usaha dan kesempatan yang Nampak didepan mata.


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Apakah ilmu yang ada di blog ini bermanfaat ?

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget