Sunday 14 June 2015

Fungsi Kelompok Bagi Organisasi
Untuk dapat memberikan sumbangannya dalam rangka pencapaian sasaran kelompok kerja dan sasaran keseluruhan organisasu serta dalam usaha merealisasi misi perusahaannya, maka kelompok dapat berfungsi sebagai (Schein, 1980): (a) pelaksanaan tugas yang majemuk dan saling tergantung, (b) mekanisme pemecahan masalah, (c) penghasil gagasan baru dan jawaban kreatif, (d) pelancar dari pelaksanaan keputusan yang majemuk, (e) vehicle/wahana dari sosialisasi dan pelatihan, (f) penghubung atau coordinator untama antar beberapa departemen.

a.      Fungsi Kelompok sebagai Pelaksana Tugas yang Majemuk dan Saling Tergantung
            Ada tugas pekrjaan yang dapat diselesaikan oleh seseorang. Namun cukuo banyak tugas yang majemuk, selain tidak dapat dilakukan oleh satu orag, juga tidak dapat dipecah-pecah kedalam beberapa tugas yang dapat dilaksanakan secara tersendiri. Misalknya tugas mempersiapkan, melaksanakan operasi dan perawatan sesudahnya. Tugas-tugas yang harus dilakukan semuanya khusus tapi juga saling tergantung. Contoh yang lain ialah kelompok pengebor minyak. Masing-masing anggota kelompok mempunyai tugasnya masing-masing yang saling tergantung.

b.      Fungsi Kelompok sebagai Mekanisme Pemecahan Masalah
            Dalam menghadapi masalah, jika masalahnya memerlukan pengolahan yang majemuk, interaksi antara para anggota yang memiliki informasi yang berbeda, pertimbangan cermat dari alternative penyelesainnya, maka pemecahan masalah secara kelompok akan memberikan penyelesaian yang paling baik. Selian kelompok sementara, seperti satuan-satuan tugas, panitia, komite.

c.       Fungsi Kelompok sebagai Penghasil Gagasan Baru dan Jawaban Kreatif
            Dalam proses pemecahan masalah,jika data yang diperlukan tersebar pada beberapa orang, atau jika diperlukan rangsangan bersama bagi para anggota kelompok untuk menjadi kreatif, maka kelompok merupakan wadah untuk dapat menghasilkan gagasan baru dan jawaban yang kreatif. Para anggota kelompok saling merangsang dalam memberikan gagasan dan jawaban atau penyelesaian masalah yang kreatif.

d.      Fungsi Kelompok sebagai Pelancar dari Pelaksanaan Keputusan yang Majemuk
            Jika telah diambil suatu keputusan yang majemuk, misalknya satu bank memutuskan untuk membangun kantor besarnya yang baru, maka akan bermanfaat untuk membentuk kelompok yang terdiri dari tenaga kerja dari berbagai divisi dari bank tersebut untuk merencanakan pelaksanaan dan memantau pelaksanaan keputusan tersebut.

e.       Fungsi Kelompok sebagai Vehicle/Wahana dari Sosialisasi dan Pelatihan
            Para tenaga kerja baru dapat dikumpulkan dalam satu kelompok untuk diberi pelatihan orientasi untuk dapat mempercepat dan memperlancar proses sosialisasi. Pelatihan keterampilan teknik tertentu juga dapat lebih cermat, tepat dan murah jika dilakukan dalam kelompok.

f.       Fungsi Kelompok sebagai Penghubung atau Koordiator Utama Antara beberapa Departemen

            Untuk menghindari dan mengurangi gangguan dalam komunikasi, timbulnya konflik dan untuk memelihara upaya kordinasi antarbagian, maka dapat dibentuk kelompok sementara yang terdiri dari para muwakil dari berbagai bagian yang saling ketergantungan sampai derajat tertentu.

1 comment:

Powered by Blogger.

Apakah ilmu yang ada di blog ini bermanfaat ?

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget