DAMPAK
YANG DITIMBULKAN AKIBAT KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA
Laporan ini disusun guna memenuhi
tugas mata kuliah wawancara
Dosen Pengampu: Ibu Novia Sinta.R.
Disusun
Oleh:
Feri
Handoko (14081038)
Septian
Hardiansah (14081064)
Budi
Suryandaru (14081070)
Musthafa
Helmy Zulkarnain (14081168)
Yusuf
Robiansyah (14081228)
Rochmat
Hidayat (14082356)
PROGRAM
STUDI PSIKOLOGI
FAKULTAS
PSIKOLOGI
UNIVERSITAS
MERCU BUANA YOGYAKARTA
TAHUN
AJARAN 2014/2015
Bab 1
Pendahuluan
1.1. Latar belakang
Dewasa ini fenomena game online telah
menjamur di kalangan pelajar dan
mahasiswa. Mereka tahan duduk berjam-jam di depan computer/gadged bermain game
yang terhubung dengan internet. Kalau sudah main mereka sering lupa
segala-galanya, lupa belajar, lupa tidur, dan mungkin lupa sekolah/kuliah.
Padahal bermain game online tidak hanya melelahkan stamina, tetapi juga
menguras uang (untuk membayar akses internet).
Pengaruh buruk bermain game online (termasuk video games yang
tidak menggunakan internet seperti PS2) pada anak sudah banyak dibahas di
berbagai media, misalnya anak menjadi agresif, berbicara kasar, kurang
bersosialisasi, mengganggu pertumbuhan, dan sebagainya. Namun tidak hanya itu
saja, anak bahkan sampai nekat mencuri agar bisa terus bermain game online di
warnet. Sudah banyak berita atau tulisan yang membahas kecanduan game online
ini dapat membuat anak berperilaku .
Game online tidak hanya membuat kecanduan bagi anak-anak,
bahkan mahasiswa pun ada yang “terjerumus” kecanduan game online. Kasusnya
terjadi pada mahasiswa salah satu Perguruan TInggi di Indonesia. Nilai-nilai
kuliahnya anjlok, bahkan terancam drop
out (DO), setelah yang bersangkutan kecanduan game online. Hal itu
dikarenakan ia jarang kuliah, tidak ikut
ujian, dan tidak membuat tugas kuliah. Hal tersebut diatas yang melatar
belakangi penelitian kita.
1.2. Tujuan
Tujuan dari pada wawancara ini adalah untuk mengetahui
motif serta dampak positif dan negativenya seseorang memainkan game online.
1.3. Faktor penyebab :
Adapun
faktor-faktor yang menyebabkan seorang remaja akhir kecanduan game online
adalah sebagai berikut :
·
Lingkungan
yang kurang terkontrol, karena melihat teman-temannya yang lain banyak yang
bermain game online.
·
Kurang
memiliki hubungan sosial yang baik, sehingga remaja memilih alternative bermain
game sebagai aktivitas yang menyenangkan.
·
Padatnya
jadwal kuliah dan banyaknya tugas yang diberikan guru atau dosen yang membuat
remaja akhir menjadi stress, sehingga remaja akhir mencari alternative lain
untuk mengurangi stress tersebut dengan bermain game online.
1.4. Asesment awal :
Dari
penjabarandiatas kami tertarik untuk mengetahui dampak sepertiapa yang di
timbulkan akibat dari kecanduan game
online (game online addiction),
menurut Kimberly Young (1996) seorang peneliti tentang kecanduan internet atau game online mengatakan bahwa seseorang yang dapat dikatakan sebagai
pecandu internet ataugame online, memiliki
kriteria sebagai berikut :
·
Sesorang yang kecanduan game on line biasanya
akan selalu mencari tempat dimana jaringan internet bagus
·
Biasanya orang yamg kecanduan game on line
rela menghabiskan waktu berjam jam di depan computer
·
Seseorang yang kecanduan game on line
cenderung susah untuk mengendalikan dorongn untuk bermain game
·
Ketika seseorang pecandu game on line
berhenti memainkan permainanya dia akan merasa sendiri,tidak nyaman dll
·
Adanya kecenderungan untuk tetap on-line
melebihi dari waktu yang ditargetkan
·
Karena terlalu sering dan lamanya waktu yang
digunakan untuk bermain game online secara tidak langsung dia menutup hubungan
social dengan masyarakat yang mengakibatkan berbagai dampak antara lain
kehilangan relasi,pekerjaan, dll
·
Penggunaan internet menyebabkan pengguna
membohongi keluarga, terapis, dan orang lain untuk menyembunyikan
keterlibatannya yang berlebihan dengan internet
·
Internet digunakan untuk melarikan diri dari
masalah atau untuk meredakan perasaan-perasaan negative seperti rasa bersalah,
kecemasan, depresi, dan sebagainya.
1.5.Subjek :
Subjek yang akan kami gunakand alam tugas kali
ini memiliki criteria sebagai berikut :
·
Remajausia
17 – 21 tahun.
·
Berstatus
pelajar atau mahasiswa
·
Perantau
atau berasal dari luar daerah
Alasan dari daripada pemilihan
objek ini antara lain :
·
Kemudahan
akses dan dukungan financial untuk bermain game online
·
Mudah
ditemui
·
Banyak
kalangan remaja yang bermain game online
1.6.Indiktorperilaku:
Dari penjelasan
diatas kami mengambil indicator perilaku yang ingin kami amatidalam tugas ini
adalah :
·
Para
remaja lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain game diluar jam-jam
sekolah / kuliah.
·
Kurang
memperhatikan penampilan diri (missal : malas mandi)
·
Berbagai
perilaku negative (malas, boros, suka berbohong, kurang bersosialisasi terhadap
lingkungan ).
·
Berbagai dampak positive (memiliki banyak teman di
dunia maya di seluruh indonesia)
Bab II
Pembahasan
2.1.Landasan Teori
Definisi mengenai kecanduan
menurut (Arthur T. Hovart, 1989) adalah sebagai berikut :”an activity or substance we repeated crave to experience, and for which
we are willing if necessary to pay a price (or negative consequence).
Berdasarkan defenisi
tersebut kecanduan berarti suatu aktivitas atau substansi yang dilakukan
berulang – ulang dan menimbulkan dampak negatif.
Game online adalah permainan
video yang dimainkan selama beberapa bentuk jaringan komputer , menggunakan
komputer pribadi atau konsol video game .
Kecanduan game online adalah
suatu aktivitas atau substansi terhadap suatu jenis permainan komputer berupa
game online yang dilakukan berulang – ulang dan dapat menimbulkan dampak
negatifPerkembangan teknologi yang semakin pesat ini
membuat para pengembang teknologi terus membuatinovasi-inovasi baru untuk
mendapat keuntungan. Salah satunya pengembang
yang bergerak dibidang jasa internet, Menurut O`Brien (2003,
p10) Internet merupakan jaringan komputer yang berkembang
pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling
berhubungan dengan jumlah penggunanya lebih dari 200 negara. Mereka terus
membuat gebrakan baru untuk mendapatkan keuntunganya itu dengan membuat game online. Perkembangan game
online yang terjadi saat inisangat
pesat, dimana peminat game online tidak
hanya kalangan anak saja tetapi orang dewasa ikut memainkannya juga.
Menurut
Ketua Umum APJII, Semuel A. Pangerapan, selamatahun 2014, pengguna Internet di
Indonesia tercatat sebanyak 88,1 juta, tumbuh 16,2 jutadarisebelumnya 71,9
jutaataudengan kata lain memiliki penetrasi 34,9%.
Angka 88,1 juta itu, Lanjut Sammy, disesuaikan dengan jumlah penduduk di Indonesia yang mana pada tahun 2014 Badan Pusat Statistik mendata sedikitnya jumlah penduduk di Indonesia mencapai 252 juta. Dari data tersebut tidak menutup kemungkinan sebagian besar internet yang digunakan oleh orang Indonesia digunakan untuk bermain game online.
Angka 88,1 juta itu, Lanjut Sammy, disesuaikan dengan jumlah penduduk di Indonesia yang mana pada tahun 2014 Badan Pusat Statistik mendata sedikitnya jumlah penduduk di Indonesia mencapai 252 juta. Dari data tersebut tidak menutup kemungkinan sebagian besar internet yang digunakan oleh orang Indonesia digunakan untuk bermain game online.
Dari
penjabarandiatas kami tertarik untuk mengetahui dampak sepertiapa yang di
timbulkan akibat dari kecanduan game
online (game online addiction),
menurut Kimberly Young (1996) seorang peneliti tentang kecanduan internet atau game online mengatakan bahwa seseorang yang dapat dikatakan sebagai
pecandu internet ataugame online, memiliki
kriteria sebagai berikut :
·
Pikiran pecandu internet terus-menerus
tertuju pada aktivitas berinternet dan sulit untuk dibelokkan kearah lain
·
Adanya kecenderungan penggunaan waktu
berinternet yang terus bertambah demi meraih tingkat kepuasan yang sama dengan
yang pernah dirasakan sebelumnya
·
Yang bersangkutan secara berulang gagal untuk
mengontrol atau menghentikan penggunaan internet
·
Adanya perasaan tidak nyaman, murung, atau
cepat tersinggung ketika yang bersangkutan berusaha menghentikan penggunaan
internet
·
Adanya kecenderungan untuk tetap on-line
melebihi dari waktu yang ditargetkan
·
Penggunaan internet itutelah membawa risiko hilangnya
relasi yang berarti, pekerjaan, kesempatan studi, dankarier.
·
Penggunaan internet menyebabkan pengguna
membohongi keluarga, terapis, dan orang lain untuk menyembunyikan
keterlibatannya yang berlebihan dengan internet
·
Internet digunakan untuk melarikan diri dari
masalah atau untuk meredakan perasaan-perasaan negative seperti rasa bersalah,
kecemasan, depresi, dan sebagainya.
Bab
III
Pengambilan
Data
3.1.Tempat Pengambilan Data
Wawancara ini dilakukan di berbagai tempat
penyedia game online maupun di area kampus yang sebelumnya memperoleh informasi
bahwa orang tersebut adalah seorang pecandu game online/gamers.
3.2.Tanggal Pengambilan Data
Proses pengambilan data/wawancara ini
dilakukan pada tanggal 10 Juni 2015
Kami melakukan pengambialan data dengan
metode wawancara individu dan terstruktur dimana subjek wawancara berhadapan
dengan satu pewawancara danada panduan yang jelas serta terperinci untuk
melakukan wawancara. Kami mengambil 6 subjek dimana 3 subjek adalah pecandu
yang hampir setiap harinya memainkan game online tersebut dengan konsekuensi
jika tidak memainkan game tersebut, subjek mengalami gangguan pada ranah
afektif seperti merasa sepi atau merasa beda dalam kehidupannya. sedangkan 3
subjek yang lainnya tidak mengalami perilaku kecanduan seperti kedua subjek
lainnya (bias mengalihkan dengan kegiatan lainnya) .
3.4.
Hasil Wawancara
Berikut ini adalah hasil wawancara yang kita
lakukan :
Draft Wawancara
Nama : AW (Subjek
1) Pekerjan : Mahasiswa
Usia : 21 Status
Perkawinan : Belum kawin
Kelas : Semester 6
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1
|
Siapakah
nama saudara?
|
Agung
wahyuono
|
2
|
Dimana
alamat saudara?
|
Dewan
maguwo sleman
|
3
|
Dari
mana anda berasal?
|
Rongkop
|
4
|
Anda
sedang main game apa?
|
Coc
(clash of clan)
|
5
|
Game
apa yang sedang popular sekarang?
|
Setau saya ya ini haha, soalnya temen saya banyak
yang main
|
6
|
Bagaimana pendapat saudara tentang…..
|
Sebenarnya
si game ini dari segi gambarnya kurang bagus karena masi klasik ,tapi
walaupun begitu tiap main seru banget jadi pengen main terus
|
7
|
Game yang sedang populer tersebut,apakah menarik atau
tidak?
|
Ya
menarik maknya saya main tiap hari ,karena kan lawanya user jadi bukan Cuma
kemenangan tapi juga siapa yang terkuat
|
8
|
Game
apa yang seringan damainkan? Apaalasanya?
|
Ya
coc ini, karena main game ini butuh kesabaran dan perjuangan kalau gak
dimainin terrus kerajaanya akan kalah
|
9
|
Berapa
sering anda main game dalam sehari?
|
Sering
banget bisa seharian kalau libur kalau hari biasa ya 3-4 jam
|
10
|
Bagaimana
sensasi anda ketika memainkan game online?
|
Sensasinya
ya kaya kita te rbawa dalam permainan momotivasi terus untuk jadi terkuat
|
11
|
Jika
anda kalah dalam main geme online apa yang anda rasakan?
|
Kesel
banget apalagi kalo uda lama main ehh ujung ujungnya kalah yapi itu justru
serunya main terus untuk jadi yang terkuat
|
12
|
Ketika server maintance,
bagaimana respon anda?
|
Kesellah
apalagi kalau pas lagi seru-serunya
|
13
|
Apakah
saudara tidak bosan main game?
|
Egak
si ,tapi kalo ada game yang lebih menarik dari ini bagi saya mungkin saya
juga akan main game itu
|
14
|
Sisi
positive apa yang saudara rasakan setelah main game?
|
Yang jelas otak fresh
|
15
|
Seberapa
bermaanfaat game online dalam hidup Anda ?
|
Yang jelas hidup sepi tanpa game
|
16
|
Serta
sisi negativenya apa bagi audara?
|
Apa yaa, lupa waktu kali soalnya bisa maen sampe
malem
|
17
|
Pernahkah
anda merasa pusing atau gelisah dan semacamnya ketika anda tidak bermain game online ?
|
Egak si,tapi kalo maen sampe malem siangnya
ngantuk haha,
|
18
|
Bagaimana
seandainya dalam sebulan ini anda tidak menyentuh game online sama sekali?
Apakah anda sanggup ?
|
Kayaknya ngak sanggup tapi kalo Cuma seminggu
mungkin bisa
|
19
|
Bagaimana
usaha yang anda lakukan untuk mengalihkan keseharian anda dari game online ?
|
Ya
kumpul sama temen maen kemana gitu yang pasti maen yang dimana susah sinyal
|
20
|
Apakah
anda menyadari bahwa game online ini berpengaruh dengan prestasi akademi
saudara, misalkan menurunnya prestasi saudara atau malah sebaliknya ? Tolong
ceritakan sedikit mengenai hal itu !
|
Sadar
si tapi gimana lagi ,kalo gak main game serasa ada yang kurang gitu
|
21
|
Bagaimana sikap orang disekitar
anda ketika anda main game?
|
Biasa
aja si soalnya mereka juga main semua
|
22
|
Oow jadi anda setiap hari main
game dengan durasi 3-4 jam bahkan
kadang sampai lupa waktu,dan anda sadar kalau itu berpengaruh pada prestasi
anda dan anda merasa otak anda fresh setiap kali memainkan game tersebut.
Seperti itu secara singkatnya
|
Ha
ha ha bisa dibilang begitu
|
23
|
Terimakasih atas waktunya dan
jika suatu saat saya butuh lebih banyak informasi bisahkah saya menghubungi
saudara kembali?
|
Ow
ya tentu dengan senang hati
|
Draft Wawancara
Nama : FAS (Subjek
3) Pekerjan
: mahasiswa
Usia : 18 tahun Status
Perkawinan : belum kawin
Kelas : semester 2
NO
|
Petanyaan
|
Jawaban
|
1.
|
Siapakah nama saudara?
|
Fikri asybilli
|
2.
|
Dimana alamat saudara
|
Jalan jembatan merah, gejayan
|
3.
|
Dari mana anda berasal?
|
Jawa timur
|
4.
|
Anda sedang main game apa?
|
Crossfire
|
5.
|
Game apa yang sedang popular sekarang?
|
Wah tidak tahu
|
6.
|
Berapa sering anda memainkan game tersebut
?
|
Seminggu 2 kali dalam durasi 19 jam
|
7.
|
Bagaimana sensasi anda ketika memainkan
game online?
|
Pusing kepala , sakit pada bagian telinga
dan mata, tapi ada dorongan untuk memainkan game tersebut kembali
|
8.
|
Jika anda kalah dalam main geme online apa
yang anda rasakan/reaksi anda?
|
Kecewa, berbicara kata-kata kotor, merasa
dicurangi
|
9.
|
Ketika server maintance, bagaimana respon
anda?
|
Kesal dan timbul dorongan untuk memukul
perangkat computer yang ada
|
10.
|
Apakah saudara tidak bosan main game?
|
Terkadang bosan
|
11.
|
Sisi positive apa yang saudara rasakan
setelah main game?
|
Gak tau
|
12.
|
Seberapa bermaanfaat game online dalam
hidup Anda ?
|
Saya terkadang memainkan game online untuk
menghilangkan jenuh di waktu luang
|
13.
|
Serta sisi negativenya apa bagi audara?
|
Kehabisan uang dan dalam rentang waktu
tertentu timbul perasaan jenuh
|
14.
|
Pernahkah anda merasa pusing atau gelisah
dan semacamnya ketika anda tidak
bermain game online ?
|
Sering
|
15.
|
Jika pernah, tolong ceritakan apa yang anda
alami dalam situasi tersebut ke saya !
|
Ya pusing saja
|
16.
|
Bagaimana seandainya dalam sebulan ini anda
tidak menyentuh game online sama sekali? Apakah anda sanggup ?
|
Kurang tahu ya mas
|
17.
|
Bagaimana usaha yang anda lakukan untuk
mengalihkan keseharian anda dari game online ?
|
Ya tidur seharian dirumah
|
18.
|
Apakah anda menyadari bahwa game online ini
berpengaruh dengan prestasi akademi saudara, misalkan menurunnya prestasi
saudara atau malah sebaliknya ? Tolong ceritakan sedikit mengenai hal itu !
|
Enggak begitu
|
19.
|
Bagaimana sikap orang disekitar anda ketika
anda main game
|
Biasa saja mas
|
20.
|
Terimakasih atas waktunya dan
jika suatu saat saya butuh lebih banyak informasi bisahkah saya menghubungi
saudara kembali?
|
Sip…..
|
Draft Wawancara
Nama : LM (Subjek
4) Pekerjan : MAHASISWA
Usia : 19 tahun Status
Perkawinan : belum kawin
Semester: 2
NO
|
Petanyaan
|
Jawaban
|
1.
|
Siapakah nama saudara?
|
Lukman maryadi
|
2.
|
Dimana alamat saudara
|
Prayan wetan
|
3.
|
Dari mana anda berasal?
|
Gunung kidul
|
4.
|
Anda sedang main game apa?
|
Fifa online
|
5.
|
Game apa yang sedang popular sekarang?
|
Tidak begitu tahu mas
|
6.
|
Bagai mana pendapat anda dengan game yang
sedang anda mainkan?
|
Menarik ,karna menantang dan mengadu
bagaimana membuat strategi,dasarnya juga suka bola
|
7.
|
Menurut anda game itu menarik atau tidak?
|
menarik
|
8.
|
Berapa sering anda main game dalam sehari?
|
Jarang,3-4jam sehari
|
9.
|
Apa alasanya anda suka main game tersebu?t
|
Jarang yang main curang/ngecheat
|
10.
|
Bagaimana sensasi anda ketika memainkan
game online?
|
Senang,bahagia dan nyaman
|
11.
|
Jika kalah dalam main game onlineapa yang
anda rasakan?
|
Jengkel
|
12.
|
Ketika server maintance,bagaimana respon
anda?
|
Kesel,emosi,nunggu sampai server aktive
|
13.
|
Apa anda tidak bosan main gameonline?
|
Enggak bosen
|
14.
|
Serta sisi negativenya apa bagi audara?
|
Dapat ngisi waktu luang sendiri
|
15.
|
Pernahkah anda merasa pusing atau gelisah
dan semacamnya ketika anda tidak
bermain game online ?
|
Tidak
|
16.
|
Bagaimana seandainya dalam sebulan ini anda
tidak menyentuh game online sama sekali? Apakah anda sanggup ?
|
Enggak tahu mas
|
17.
|
Bagaimana usaha yang anda lakukan untuk
mengalihkan keseharian anda dari game online ?
|
Ya menyibukkan diri
|
18.
|
Apakah anda menyadari bahwa game online ini
berpengaruh dengan prestasi akademi saudara, misalkan menurunnya prestasi
saudara atau malah sebaliknya ? Tolong ceritakan sedikit mengenai hal itu !
|
Enggak juga sih, enggak begitu mikir kesana
|
19.
|
Bagaimana sikap orang disekitar anda ketika
anda main game
|
Biasa saja
|
20.
|
Terimakasih atas waktunya dan
jika suatu saat saya butuh lebih banyak informasi bisahkah saya menghubungi
saudara kembali?
|
Iya
mas, dengan senang hati
|
Draft Wawancara
Nama : PH (Subjek
5) Pekerjan
: Mahasiswa
Usia : 20 Status
Perkawinan : Belum kawin
Kelas : Semester 4 Asal : Demangan, Sleman
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1
|
Siapakah
nama saudara?
|
Pandu
Herbowo
|
2
|
Dimana
alamat saudara?
|
DemanganSleman
|
3
|
Dari
mana anda berasal?
|
Semarang
|
4
|
Anda
sedang main game apa?
|
Candy
Crush
|
5
|
Game
apa yang sedang popular sekarang?
|
Setau saya Cuma ini haha, banyak juga tapi saya
tidak begitu suka
|
6
|
Bagaimana pendapat saudara tentang
Game yang anda mainkan ?
|
Game ini lumayan menantang
|
7
|
Game yang sedang populer tersebut,apakah menarik atau
tidak?
|
Ya,
menarik
|
8
|
Game
apa yang sering anda mainkan? Apaalasanya?
|
Ya
Candy Crush ini, karena game ini enggak gampang bosen
|
9
|
Berapa
sering anda main game dalam sehari?
|
Hampir
tiap hari ya 3-4 jam lah…
|
10
|
Bagaimana
sensasi anda ketika memainkan game online?
|
Bikin penasaran sih , mengasah otak
|
11
|
Jika
anda kalah dalam main geme online apa yang anda rasakan?
|
Kesel tapi penasaran, jadi pengen main terus
|
12
|
Ketika server maintance,
bagaimana respon anda?
|
Pastinya
kesel, kecewa gitu
|
13
|
Apakah
saudara tidak bosan main game?
|
Enggak
|
14
|
Sisi
positive apa yang saudara rasakan setelah main game?
|
Ngerasa enjoy aja beban serasa berkurang,hahaha
|
15
|
Seberapa
bermaanfaat game online dalam hidup Anda ?
|
Yang jelas kayak teman hidup
|
16
|
Serta
sisi negativenya apa bagi audara?
|
Enggak begitu mikir sampai kesitu
|
17
|
Pernahkah
anda merasa pusing atau gelisah dan semacamnya ketika anda tidak bermain game online ?
|
Pernah
|
18
|
Bagaimana
seandainya dalam sebulan ini anda tidak menyentuh game online sama sekali?
Apakah anda sanggup ?
|
Belum terpikirkan mas mungkin tidak bisa
|
19
|
Bagaimana
usaha yang anda lakukan untuk mengalihkan keseharian anda dari game online ?
|
kumpul
sama temen sama nongkrong di kampus
|
20
|
Apakah
anda menyadari bahwa game online ini berpengaruh dengan prestasi akademi
saudara, misalkan menurunnya prestasi saudara atau malah sebaliknya ? Tolong
ceritakan sedikit mengenai hal itu !
|
Sadar tapi enggak begitu ngerasain kok
|
21
|
Bagaimana sikap orang disekitar
anda ketika anda main game?
|
Biasa
saja
|
22
|
Jadi anda memainkan game tiap
hari hanya untuk menghilangkan rasa sepi tanpa memikirkan dampak negative
dari terlalu banyak memainkan game tersebut?
|
Iya
mas,heheheh
|
23
|
Terimakasih atas waktunya dan
jika suatu saat saya butuh lebih banyak informasi bisahkah saya menghubungi
saudara kembali?
|
Ow
ya tentu dengan senang hati
|
Draft Wawancara
Nama : AN (Subjek
6) Pekerjan
: Mahasiswa
Usia : 18 Status Perkawinan : Belum kawin
Kelas : Semester 2
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1
|
Siapakah
nama saudara?
|
Adam
Nuraidi
|
2
|
Dimana
alamat saudara?
|
Kos
– kosan daerah soropadan
|
3
|
Dari
mana anda berasal?
|
Klaten
|
4
|
Anda
sedang main game apa?
|
FPS
perang
|
5
|
Game
apa yang sedang popular sekarang?
|
Ada DOTA 2, PB (Point Blank) dan Dragon Nes Mas
|
6
|
Bagaimana pendapat saudara tentang
Game tersebut?
|
Saya
menyukai game ini karena game ini memiliki grafis yang bagus dan seru untuk
dimainkanbersama mas
|
7
|
Game yang sedang populer tersebut,apakah menarik atau
tidak?
|
Kalau
Dota 2 sih yang bikin serunya karena memerlukan kecepatan tangan aj, begitu
aja menurut saya
|
8
|
Game
apa yang seringan damainkan? Apaalasanya?
|
Game
FPS ini, karena saya merasa tertantang untuk terus menaikkan level character
saya dan memiliki senjata terkuat
|
9
|
Berapa
sering anda main game dalam sehari?
|
Biasanya
saya bermain selama 4-6 jam, tetapi sekarang karena sibuk kuliah palingan
seminggu sekali aj mainnya
|
10
|
Bagaimana
sensasi anda ketika memainkan game online?
|
Ya
seru, karena jika posisi teratas kita akan memiliki senjata bagus dan pangjat
character kita pun akan naik
|
11
|
Jika
anda kalah dalam main geme online apa yang anda rasakan?
|
Ya
kecewa sudah jelas, tapi biasanya sambil teriak-teriak gitu warnet
|
12
|
Ketika server maintance,
bagaimana respon anda?
|
Kecewalah,
biasanya saya langsung mencari kegiatan lain untuk menungu server kembali
normal
|
13
|
Apakah
saudara tidak bosan main game?
|
Gak
ada bosan, karena musuh yang kita lawan berbeda-beda dan kemampuan main
mereka juga bagus jadi tidak bosan.
|
14
|
Sisi
positive apa yang saudara rasakan setelah main game?
|
Banyak mendapat teman dari luar daerah karena
bermain game dan merasa enjoy aja
|
15
|
Seberapa
bermaanfaat game online dalam hidup Anda ?
|
Manfaatnya ada, bisa untuk mencari keuntungan
kecil-kecilan, cisalnya jika kita memiliki character level atas kita bisa
menjualnya
|
16
|
Serta
sisi negativenya apa bagi audara?
|
Mengantuk di kelas, karena begadang, gampang sakit
juga karena begadang, boros uang juga karena harus beli senjata di game itu
dan nyewa billing warnet buat main
|
17
|
Pernahkah
anda merasa pusing atau gelisah dan semacamnya ketika anda kalah bermain game
online?mengapa anda bisa kalah?
|
Kalau kalah ya marah, menggerutu, pusing karena
mendapat lawan yang kuat
|
18
|
Bagaimana
seandainya dalam sebulan ini anda tidak menyentuh game online sama sekali?
Apakah anda sanggup ?
|
Dulu sih gak tenang, gelisah lo gk main. tapi
sekarang sudah gk terlalu seperti itu lagi.
|
19
|
Bagaimana
usaha yang anda lakukan untuk mengalihkan keseharian anda dari game online ?
|
Nongkrong
ma temen-temen, belajar begitu sih
|
20
|
Apakah
anda menyadari bahwa game online ini berpengaruh dengan prestasi akademi
saudara, misalkan menurunnya prestasi saudara atau malah sebaliknya ? Tolong
ceritakan sedikit mengenai hal itu !
|
Awalnya
sih tidak terlalu menganggu prestasi, tetapi setelah kecanduan prestasi
menurun konsentrasi untuk belajar berkurang.
|
21
|
Bagaimana sikap orang disekitar
anda ketika anda main game?
|
Menyindir,
mengucilkan, mereka menganggap para gamers tidak bisa melakukan apa-apa,
padahal mereka tau seperti apa sebenarnya gamers itu ketika tidak bermain
game
|
22
|
Oow jadi anda setiap hari main
game dengan durasi 4-6 jam, tetapi sekarang sudah berkurang jadi seminggu
sekali, anda sadar kalau itu berpengaruh pada prestasi anda dan anda merasa
otak anda fresh setiap kali memainkan game tersebut. Seperti itu secara
singkatnya
|
Ya
begitu mas
|
23
|
Terimakasih atas waktunya dan
jika suatu saat saya butuh lebih banyak informasi bisahkah saya menghubungi
saudara kembali?
|
Ok
tentu saja
|
Bab IV
Pengolahan Data
Dari data diatas dapat diperoleh informasi
bahwa subjek pertama menunjukkan bahwa, akibat dari intensitas main game yang
terlalu sering sampai lupa waktu mengakibatkan dia mengalami penurunan prestasi
dan kebiasaan buruk lainya ,hal ini menunjukakan bahwa subjek tidak bias
mengendalikan dorongan psikologisnya untuk terus main game maka dari itu subjek
pertama memerlukan penanganan khusus agar dia bisa mengalihkan dorongan untuk
main game nya agar bisa mengalihkanwaktu kegiatan kearah yang lebih positif.
Pada subjek 2, hampir setiap hari waktunya
dihabiskan diwarnet. Berjam-jam ia habiskan hanya untuk memainkan Game poker.
Berawal dari iseng kemudian mendapat keuntungan berupa materi dengan
pundi-pundi rupiah yang iadapat ketika memainkan game tersebut. Kebiasaan tiap
harinya itu yang menyebabkan kecanduan terghadap game tersebut.Ia merasa ada
yang kurang apabila tidak memainkan game tersebut dalam satu hari saja. Ia
merasa pusing , gelisah, serta emosi yang bergejolak akibat tidak memainkan
game tersebut. Ia bahkan melupakan kesehatan akan dirinya. Selain itu juga,
karena ketagihan memainkan game onlineia
akan menghabiskan uangnya demi bermain game online yang dimainkannya.
Dari subjek ketiga dapat diperoleh informasi
bahwa game online tidak begitu memberikan dampak candu bagi subjek ketiga, ditinjau
dari intensitas waktu subjek dalam memainkannya. Dia merasa bahwa game online
hanyasebagai media alternatif kegiatan dalam hal ini mahasiswa untuk mengisi
waktu libur dan waktu luang saja. Penulis berpendatpat bahwa kebiasaan
memainkan game online dalam situasi yang demikian tidak begitu memberikan
dampak bagi subjek sehingga subjek ketigahanya beranggapan bahwa game online
sebagai fasilitator yang tepat untuk memenuhi kebutuhan psikisnya.
Dari subyek keempat dapat dilihat bahwa game
online itu dilakukan subyek hanya karena untuk mengisi waktu luang.dan
sebetulnya subyek masih malu-malu untuk
mengakuinya karana saat ditanya masih memberikan jawaban dengan gugup dan agak
terbata-bata . Subjek juga mengatakan main 3-4 jam sehari tetapi pada saat
malam saya ke warnet hendak mengambil foto ternyata subyek masih disana dengan
baju yangsama dan ditempat yang sama padahal saya wawancara pukul 10.00 WIB.
Subjek ke kelima memainkan game online hanya
untuk menghilangkan rasa sepinya. Game yang ia mainkan adalah Cundy Crush ,
game pengasah otak dan game penuh tantangan. Ia pernah merasakan pusing ketika
tidak memainkan game online. Untuk saat ini, ia tidak terpikirkan bagaimana
seandainya ia berhenti memainkan game online. Namun, ia sudah bisa melepaskan
kecanduan dari main game online dengan menyibukkan diri dengan berbagai
kegiatan kampus.
Berbeda dengan subjek ke enam.Ia
mengahabiskan waktunya untuk main game tiap harinya sekitar 4-6jam. Ia pernah
merasakan gejala pusing, gelisah, serta gejolak emosi yang berubah-ubah seperti
marah-marah tanpa sebab ketia ia tidak memainkan game online tersebut. Namun
kini ia sudah bisa mengurari dampak tersebut dengan menyibukkan diri dengan
berkumpul bersama teman-temannya ketika ia menyadari bahwa game online
berdampak negative pada kehidupannya maupun prestasi akademiknya..
Bab V
Penutup
5.1. Kesimpulan
Berdasarkan
hasil wawancara yang telah kami lakukan, dampak kecanduan game online di
kalangan remaja sangan memprihatinkan. Hanya sedikit sisi positive yang
diperoleh, namun dampak negative yang ditimbulkan sangat lah banyak. Dampak
kecanduan game online tersebut antara lain : lupa akan waktu,
menghambur-hamburkan uang, kurang bersosialisasi dengan orang lain, kesehatan
diri yang terabaikan,prestasi akademik yang menurun, dan lain sebagainya. Untuk
melepaskan kecanduan tersebut haruslah dimulai dari dalam diri individu itu
sendiri.Dengan niat berhenti yang kuat, adalah modal utama untuk terbebas dari
efek kecanduan game online tersebut. Selain itu, menyibukkan diri dengan
kegiatan lain sangat berguna untuk mengalihkan kesibukan dari aktivitas main
game.
5.2. Kesulitan dalam pengambilan data
wawancara
Berikut kesulitan ketika mengambil data wawancara yang
telah kita lakukan, antara lain :
a. narasumber membatasi jawaban yang ia
berikan/tidak terbuka,
b. situasi yang kurang kondusif yang membuat
jawaban subjek kurang mendetail/menyeluruh,
c. kadang ada indikasi fucking good dari subjek,
d. jawaban yang diberikan subjek relative hampir
sama/monoton,
e. ada subjek yang pasif dan pewanwancara yang
lebih active(direction),
f. jawaban subjek kurang berbobot mungkin
dikarenakan kuranganya pengetahuan mereka,
g. terkadang jawaban yang diberikan kurang
nyambung.
5.3. Kaitan dengan penelitian terdahulu
Berdasarkan acuan penelitian
terdahulu, game
online dapat memberikan dampak kecanduan bagi kalangan pelajar dan merubah
beberapa segi kehidupan mereka, diantaranya:
A. Segi Waktu
Dari segi waktu, pelajar yang kecanduan game online akan
menghabiskan waktu berjam-jam untuk memainkan game online. Dan tidak jarang
pula ada yang bolos sekolah untuk bermain game online di warnet. Hal yang menyebabkan
pelajar tersebut rela menghabiskan waktunya diwarnet adalah ingin menaikkan
pengalaman untuk menaikkan level, menghilangkan stres, ingin menghabiskan
waktu, mencari teman, karena permainannya yang terus update dan tidak
membosankan.
B. Segi
Keuangan
Dari segi keuangan, pelajar yang ketagihan memainkan game
online akan menghabiskan uangnya demi bermain game online yang dimainkannya.
Adapun uang yang dihabiskannya digunakan untuk membayar billing warnet game
center yang harganya mulai dari dua ribu perjam sampai tiga ribu perjam atau
dan membeli uang virtual game yang digunakan untuk membeli peralatan, barang,
senjata, dan bangunan dari suatu game online.
C. Segi
Akademik
Dari segi akademik, pelajar yang kecanduan game online akan
sulit untuk membagi waktu untuk bermain dan belajar. Sehingga ia akan lalai
terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Sehingga mengakibatkan semangat
belajarnya menurun dan nilai akademiknya juga menurun.
D. Segi
Psikologi
Dari segi psikologi, ancaman paling
umum saat seseorang kecanduan adalah ketidakmampuannya
dalam mengatur emosi. Individu lebih sering merasa sedih, kesepian, malu,
takut untuk keluar, berada dalam situasi
konflik keluarga yang tinggi, dan memiliki self-esteem
yang rendah. Hal ini mempengaruhi hubungan
dengan teman sekamar, siswa
lainnya, orangtua, teman, fakultas, dan
pembimbing. Pecandu juga kesulitan membedakan antara permainan
atau fantasi dan realita. Pecandu cenderung
menutupi masalah psikologis tersebut.
E.
Segi Sosial
Dari segi sosial, dalam hubungan dengan teman ataupun
keluarga menjadi renggang karena waktu bersama mereka menjadi jauh
berkurang.Pergaulan pelajar tersebut hanya di game online saja,
sehingga membuat para pecandu game online jadi terisolir dari teman-teman dan
lingkungan pergaulan nyata. Ketrampilan sosial berkurang, sehingga semakin
merasa sulit berhubungan dengan orang lain. Perilaku jadi kasar dan
agresif karena terpengaruh oleh apa yang kita lihat dan mainkan di game online.
F.
Segi Kesehatan
Dari segi kesehatan, Baroness Greenfield, profesor
farmakologi di Universitas Oxford menemukan tanda-tanda terhentinya
pertumbuhan zat abu-abu di otak pengguna internet berlebih yang semakin lama
dapat memburuk dari waktu ke waktu. Hal ini dapat mempengaruhi konsentrasi dan
memori, serta kemampuan mereka untuk membuat keputusan dan tujuan yang akan
mereka tetapkan. Hal tersebut juga bisa menyebabkan perilaku yang ‘tidak
sopan’.
Satu set gambar MRI difokuskan pada materi abu-abu di
permukaan keriput otak atau korteks, di mana pengolahan memori, emosi, ucapan,
penglihatan, pendengaran dan kontrol motor terjadi. Membandingkan materi
abu-abu antara kedua kelompok tersebut dapat menunjukkan terhentinya
pertumbuhan di daerah kecil pada beberapa dari semua otak pecandu game online.
Hasil scan menunjukan semakin lama kecanduan internet akan
menimbulkan kerusakan pada otak lebih serius. “Ini merupakan kelainan
struktural yang mungkin dikaitkan dengan gangguan fungsional dalam kontrol
kognitif. Hasil penelitian kami menyarankan jangka panjang kecanduan internet
akan mengakibatkan perubahan struktural otak. Game online memberikan ketegangan
yang tinggi pada mata orang yang memainkannya. jika pelajar yang kecanduan game
online memainkannya setiap hari dan berjam-jam, maka mata pelajar tersebut
sudah pasti menjadi rusak karena penyiksaan yang dilakukan oleh game online
yang dimainkan.
Daftar Pustaka
makasih ilmunya
ReplyDeleteMantappp gan....
ReplyDeleteMenarik sekali Infonya.
ReplyDeleteInfo kuliah s2 ya di Kuliah S2
♥ ♠ ♦ ♣ LEGENDAQQ.NET ♥ ♠ ♦ ♣
ReplyDeleteKami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online
- Bandar 66
Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
- Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
- Kartu Anda Akan Lebih Bagus
- Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
- Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
- Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
- Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
- Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
- Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
- LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
- Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon
Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : 2AE190C9
- Facebook : Legendaqq
Link Alternatif :
- www.legendaqq(dot)net
- www.legendaqq(dot)org
- www.legendapelangi(dot)com
NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^
I really like your take on the issue. I now have a clear idea on what this matter is all about.. Is Paragontraders legit
ReplyDeleteVery useful info. Hope to see more posts soon!. paragontraders reviews
ReplyDeleteNo doubt this is an excellent post I got a lot of knowledge after reading good luck. Theme of blog is excellent there is almost everything to read, Brilliant post. Is Coinboostsignals legit
ReplyDelete