Monday 21 December 2015

Aliran psikoanalisis muncul pada tahun 1900 sebagai upaya memperdalam pandangan-pandangan psikologis dan mengaitkannya melatui berbagai kemajuan dalam bidang kedokteran. Tokoh yang disebut sebagai bapak psikoanalisis adalah Sigmun Freud. Freud tahir tanggal 6 Mei 1856 di Freiberg Moravia. Freud berusaha mereduksi psikotogi menjadi ke dalam neurologi karena pada dasarnya, is adalah seorang ahli saraf.
Teori dasar dari sigmun adalah ide tentang atam sadar (conscious mind versus alam bawah sadar (unconscious mind). Alam sadar merupakan apa yang seseorang sadari pada saat-saat tertentu, penginderaan langsung, ingatan, pemikiran, fantasi, dan perasaan yang Anda miliki. Hal yang berkaitan erat dengan atam sadar adalah alam prasadar, yaitu apa yang disebut saat ini dengan "kenangan yang sudah tersedia" (available memory), yaitu segala sesuatu yang dengan mudah untuk dipanggil ke alam sadar. Kenangan yang wataupun tidak Anda ingat waktu berpikir, tapi dapat dengan mudah dipanggil lagi. Menurut Freud keduanya adalah bagian terkecil dari pikiran.
Adapun bagian terbesar dari pikiran adalah alam bawah sadar (unconscious mind. Bagian ini mencakup segala sesuatu yang sangat sulit dibawa ke alam sadar, termasuk segala sesuatu yang memang asalnya dari alam bawah sadar seperti nafsu dan insting. Freud berpendapat bahwa alam bawah sadar adalah sumber dari motivasi dan dorongan yang ada dalam diri kita, apakah itu hasrat yang sederhana seperti makanan atau seks, atau motif-motif yang mendorong seniman atau ilmuwan berkarya.
Konsep lain dari freud adalah struktur kepribadian. Struktur kepribadian dibagi menjadi tiga yaitu: Id, Ego, dan Superego, yang masing-masing merupakan tahapan-tahapan kepribadian dan masing-masing juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Id merupakan struktur kepribadian yang paling mendasar, yang hanya berdasarkan atas dorongan nafsu atau kenikmatan belaka. Ego adalah pikiran yang beroperasi menurut prinsip kenyataan (reality principle) yang memuaskan dorongan Id menurut cara-cara yang dapat diterima masyarakat atau sebagai kepribadian yang mengontrol kesadaran. Superego merupakan Kesadaran tertinggi manusia, yang terbentuk melalui proses identifikasi dalam nilai-nilai moral dan beroperasi menurut prinsip moral.

Tokoh lain dari psikoanalisis adalah Alfred Adler (1870-1937). la merupakan seorang dokter mata lulusan Universitas Wina (1895), kemudian is menekuni bidang psikiatri dan menjadi psikiater. Teori-teorinya adalah sebagai berikut: 1. Teori tentang inferioritas universa. Setiap manusia akan melakukan upaya menyesuaikan diri dengan kelemahan yang dimilikinya melalui berbagai bentuk perilaku konvensional sebagai cara mengatasi kelemahannya. 2. Teori tentang striving for superiority, yaitu motivasi bawaan yang menggerakkan manusia untuk bertahan hidup dan mengembangkan dirt.


Tokoh lainnya adalah Carl Gustav Jung (1875-1961). la adalah seorang psikiater yang keluar dari sekolah psikoanalisis Freud. la mengklasifikasi karakteristik kepribadian menjadi 2 yaitu introvert dan ekstravert. Kepribadian introvert merujuk pada sebuah kecenderungan untuk mengutamakan dunia dalam pada diri seseorang. Aspek-aspek yang lebih jelas dari introvert adalah malu, tidak suka pada fungsi-fungsi sosial, dan menyukai privasi. Sedangkan kepribadian ekstravert merujuk pada kecenderungan untuk melihat dunia luar, khususnya orang lain demi kesenangan diri. Orang dengan karakteristik ekstravert biasanya mudah bersahabat dan menikmati aktivitas sosial, dan merasa tidak nyaman ketika sendirian. 

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.

Apakah ilmu yang ada di blog ini bermanfaat ?

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget