Sunday 13 December 2015

Suatu perbuatan dapat dianggap intelijen bila memenuhi beberapa syarat antara lain:
a. Masalah yang dihadapi 
Banyak sedikitnya merupalum masalah yang baru bagi yang bersangkutan. Umpama ada soal: "Menga-pa api jika ditutup dengan sehelai karung bisa padam? Ditanya-kan kepada anak yang baru bersekolah dapat menjawab de ngan betul maka jawaban itu intelijen. Tetapi jika pertanyaan itu dijawab oleh anak yang baru saja mendapat pelajaran Ilmu Alam tentang api, hal itu tidak dapat dikatakan intelijen.

b. Perbuatan intelijen sifatnya serasi tujuan dan ekonomis. 
Untuk mencapai tujuan yang hendak diselesaikannya, dicarinya jalan yang dapat menghemat waktu maupun tenaga. Saudara ke-hilangan pulpen di suatu lapangan. Bagaimana mencarinya? Bagaimana menebang pohon-pohon ,di rimba raya, agar dalam waktu singkat dapat merobohkan banyak pohon? Cara meng-ambil buah kelapa di Lampung dengan memakai galah yang panjang, sedangkan di daerah Jawa pada umumnya dengan memanjat batangnya satu-satu. Mengapa?
c. Masalah yang dihadapi, harus mengandung suatu tingkat kesulitan bagi yang bersangkutan. 
Ada suatu masalah yang bagi orang dewasa mudah mernecahkan/menjawabnya, hampir tiada berpikir, sedang bagi anak-anak harus dijawabnya dengan otak, tetapi dapat. Jawaban anak itu intelijen.
d. Keterangan pemecahannya harus dapat diterima oleh masyarakat. 
Apa yang harus anda perbuat jika anda lapar? Kalau ja-wabnya: saya harus mencuri makanan. Tentu saja jawaban itu tidak intelijen.
e. Dalam berbuat intelijen seringkali menggunakan daya mengabstraksi. 
Pada waktu berpikir, tanggapan-tanggapan dan ingatan-ingatan yang tidak perlu harus disingkirkan. Apa-kah persamaan antara jendela dan daun? Jawaban yang benar memerlukan daya mengabstraksi.
f. Perbuatan intelijen bercirikan kecepatan. Proses pemecahan-nya relatif cepat, sesuai dengan masalah yang dihadapi.

g. Membutuhkan pemusatan perhatian dan menghindarkan perasaan yang mengganggu jalannya pemecahan masalah yang sedang dihadapi.
Apa yang akan saudara perbuat jika se-konyong-konyong saudara melihat orang yang tertubruk mobil dan pertolongan saudara sangat diperlukan? 

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.

Apakah ilmu yang ada di blog ini bermanfaat ?

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget