Wednesday 4 November 2015

Ada banyak pendekatan untuk mempengaruhi penyesuaian diri manusia, dan dengan demikian akan meningkatkan kesehatan mental. Ada tiga cara pende-katan yang lazim digunakan, yzitu pendekatan preventif, pendekatan terapeutik, dan pendekatan kuratif yang dikenal sebagai psikiatri preventif.
Pendekatan preventif ilmu kesehatan mental adalah pendekatan yang pertama-tama berusaha mencegah gangguan-gangguan mental yang ringan dan yang dapat menimbulkan psikosis-psikosis yang sebenarnya. Pendekatan ini bisa dimulai di rumah dan di sekolah. Pendekatan ini dilakukan dengan meng-adakan pembinaan-pembinaan hubungan orang tua-anak yang sehat dan peng-adaan lingkungan sekolah yang dapat menimbulkan perkembangan minat-minat dan kemampuan-kemampuan yang melekat pada diri anak. Termasuk dalam pendekatan ini adalah menyebarluaskan informasi-informasi lain mengenai penyebab-penyebab penyakit mental dengan tujuan mengadakan cara-cara preventif yang tepat terhadap penyakit mental. Ilmu kesehatan mental preventif bertolak dari prinsip yang mengemukakan bahwa cara yang paling baik untuk mengembangkan kepribadian yang dapat menyesuaikan diri dengan baik tidak lain adalah mengelilingi kepribadian tersebut dengan pengaruh-pengaruh ling-kungan yang sehat sehingga dengan demikian kepribadian tersebut dapat men-capai kematangan emosional.


Terkadang, meskipun ada cara-cara preventif yang sangat baik, namun beberapa individu mengembangkan ketidakmampuan yang ringan dalam tingkah lakunya. Ada beberapa siswa yang mendapat pendidikan awal di keluar-ga mereka dan belajar di beberapa sekolah yang sangat baik, namun pada suatu ketika karena suatu kejadian menimpa mereka maka mereka menjadi anak-anak nakal/jahat yang menimbulkan kesulitan-kesulitan tingkah laku. Ini adalah salah satu bidang dari segi terapeutik ilmu kesehatan mental — perbaik-an ketidakmampuan menyesuaikan diri yang ringan dalam tingkah laku sehingga tidak berkembang menjadi hambatan-hambatan yang berat. Ketidak-mampuan menyesuaikan diri yang ringan ini mungkin terjadi bertepatan dengan perubahan lingkungan sosial dan pribadi seseorang. Terapi-terapi perbaikan lain, seperti katarsis mungkin dianjurkan supaya orang itu melepaskan dirinya dari tegangan-tegangan yang terpendam sambil berusaha menemukan penye-suaian diri yang dibutuhkannya. Tahap ilmu kesehatan mental yang penting ini dilakukan oleh para orang tua, guru, alim ulama dan orang-orang yang sungguh-sungguh memperhatikan dinamika tingkah laku manusia.
Pendekatan yang paling tua dan paling teknis terhadap masalah-masalah tingkah laku ialah pendekatan kuratif ilmu kesehatan mental. Segi ilmu kesehatan mental ini mencakup praktek-praktek yang dilakukan untuk menemukan dan memperbaiki ketidakmampuan menyesuaikan diri yang berat dan tidak memerlukan perawatan di rumah sakit. Pelayanan dari para ahli ilmu kesehatan mental yang terlatih, seperti psikiater dan psikolog klinis diperlukan pada tahap penyimpangan kepribadian yang berat ini.


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Apakah ilmu yang ada di blog ini bermanfaat ?

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget