Monday, 26 October 2015

Salah satu nilai yang sangat penting dari teori belajar adalah penekanan pada tingkah laku yang dapat diamati dan stimulus lingkungan. Para ahli teori psi-kodinamik memusatkan perhatian pada variabel-variabel internal yang mung-kin tidak dapat diteliti secara ilmiah, seperti struktur-struktur psikis dan konflik-konflik tak sadar. Para ahli teori belajar menekankan signifikansi variabel-variabel lingkungan atau situasional, seperti hadiah dan hukuman yang dapat diubah-ubah secara sistematis dan pengaruh-pengaruhnya terhadap tingkah laku dapat diukur dengan teliti. Para ahli teori belajar-sosial memperluas jang-kauan model-model pengondisian tentang belajar dengan memperhatikan bagai-mana orang dan variabel-variabel situasi mempengaruhi tingkah laku manusia dan belajar. Teori-teori belajar sangat berpengaruh terhadap psikologi dan teori-teori ini menangani hal-hal mulai dan belajar sampai pada tingkah laku binatang, motivasi, perkembangan anak, tingkah laku abnormal, dan metode-metode terapi. Model-model belajar telah menghasilkan perkembangan terapi tingkah laku yang menjadi metode perawatan yang terkenal untuk bermacam-macam • tingkah laku abnormal. Tetapi tidak boleh disimpulkan bahwa tidak ada kon-troversi mengenai teori belajar dalam menjelaskan tingkah laku abnormal.  
Para kritikus tidak mempersoalkan validitas dari prinsip-prinsip pengondisian, tetapi mereka mempersoalkan apakah prinsi,p-prinsip tersebut dapat menjelas-kan tingkah laku-tingkah laku yang sangat kompleks dari individu-individu yang kalut. Dengan kata lain, para kritikus mengemukakan bahwa meskipun prinsip-prinsip teori belajar itu benar, tetapi mungkin tidak cukup untuk menje-laskan tingkah laku-tingkah laku yang lebih kompleks seperti halusinasi-halu-sinasi dan delusi-delusi. Para kritikus juga berpendapat bahwa model-model belajar tidak dapat menjelaskan keanekaragaman tingkah laku dan pengalaman manusia tidak da-pat direduksikan menjadi respons-respons yang dapat diamati. Banyak ahli teori belajar juga — terutama para ahli teori belajar-sosial — tidak puas dengan pandangan behavioristik tradisional yang mengemukakan bahwa kondisi-kondisi lingkungan secara mekanik memaksakan respons-respons pada organis-me, termasuk manusia. Manusia dalam teori belajar-sosial mengalami pikiran-pikiran dan impian-impian, merumuskan tujuan-tujuan dan aspirasi-aspirasi, sedangkan pandangan behavioristik klasik kelihatannya tidak berbicara banyak mengenai apa artinya menjadi manusia. 
Behaviorisme klasik juga kelihatannya tidak menjelaskan berapa banyak orang berjuang — betapa pun sulit — untuk mewujudkan impian-impian batinnya. Bila orang hanya mengulang tingkah laku-tingkah laku yang diperkuat, bagaimana is berjuang tanpa pemerkuat-pemerkuat ekstemal untuk menemukan ide-ide dan karya yang barn? Berbeda dengan behaviorisme tradisional, para ahli teori belajar-sosial melihat manusia sebagai orang yang aktif mencari informasi bukan sebagai orang yang bereaksi secara pasif terhadap stimulus-stimulus lingkungan. Teori  belajar-sosial telah berkembang begitu jauh dari nenek moyangnya behavior-isme sehingga kesamaannya dengan teori-teori dan model-model kognitif benar-benar mencolok. Teori belajar-sosial juga tidak bebas dari kritik. Para kritikus mengemu-kakan bahwa teori belajar-sosial tidak mengembangkan pernyataan-pernyataan yang memuaskan mengenai pembentukan kepribadian atau menjelaskan kesa-daran diri. Di samping itu teori belajar-sosial, seperti leluhurnya behaviorisme tradisional, tidak memberikan perhatian pada faktor-faktor genetik dalam men-jelaskan perbedaan-perbedaan individual dalam tingkah laku atau dalam men-jelaskan pola-pola tingkah laku abnormal.

Related Posts:

  • BERPIKIR 1. Bahasa dan Berpikir Berpikir adalah daya yang paling utama dan merupakan ciri yang khan yang membedakan manusia dari hewan. Manusia dapat ber-pikir karena manusia mempunyai bahasa, hewan tidak. "Bahasa" hewan bukanlah ba… Read More
  • Motivation About motivation..... Some examples: A rickshaw driver was drenched in sweat attract passengers are fat in the hot sun and on an uphill road. A student studying b.ertekun book until the night, ignoring the fatigue and sleep… Read More
  • SKIZOFRENIA • Adalah suatu deskripsi sindrom dengan variasi penyebab (banyak belum diketahui) dan perjalanan penyakit (tak selalu bersifat kronis atau "deteriorating") yang luas, serta sejumlah akibat yang tergantung pada perimbangan p… Read More
  • GANGGUAN SKIZOTIPAL F21 GANGGUAN SKIZOTIPAL Pedoman Diagnostik • Rubrik diagnostik ini tidak dianjurkan untuk digunakan secara umum karena tidak dibatasi secara tegas dengan skizofrenia simpleks atau dengan gangguan kepri-badian skizoid ata… Read More
  • GANGGUAN WAHAM F22. GANGGUAN WAHAM MENETAP • kelompok ini meliputi serangkaian gangguan dengan waham-waham yang berlangsung lama, sebagai satu-satunya gejala klinis yang khas atau yang paling mencolok dan tidak dapat digolongkan sebagai… Read More

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Apakah ilmu yang ada di blog ini bermanfaat ?

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget